Pemenang #MyKartini 2015

Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2015 kemarin, kutukutubuku.com kembali bagi-bagi hadiah loh buat Kutukutubukuers! Hadiahnya adalah Voucher Diskon 30% buat kutukutubukuers yang sudah mengirimkan fotonya bersama dengan sosok #MyKartini-nya lewat Twitter, Facebook, atau Instagram kutukutubuku.

Setelah melewati seleksi yang tidak terlalu ketat (lho? hehehe), maka terpilihlah dua orang pemenang yang beruntung. Langsung aja cekidot nih pemenang #MyKartini 21 April 2015 :

01

02

 

Selamat kepada @restiechii  dan @sannywannatell yang telah ikut berpartisipasi mengirimkan foto bersama dengan #MyKartini-nya dan juga terpilih sebagai pemenang. Nah, buat kutukutubukuers yang belum beruntung atau belum berpastisipasi, jangan berkecil hati dan jangan sungkan untuk ikut berpartisipasi yaaa di event berikutnya ^^. Jangan lupa untuk follow TwitterFacebook, atau Instagram kutukutubuku untuk mendapatkan info promo-promo menarik lainnya.

Have a good day kutukutubukuers! :*

Belajar Sampai Ke Perguruan Tinggi; Beasiswa Ke Luar Negeri!

Ujian Nasional tingkat SMA baru aja berlalu nih kutukutubukuers…
Nah, pastinya kamu berhasrat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi kan? Siapa sih yang tidak ingin melanjutkan belajar sampai ke perguruan tinggi? Apalagi belajarnya dapat beasiswa kuliah ke Luar Negeri. Tentulah hal tersebut menjadi idaman bagi setiap pelajar di Indonesia.

Buat dapat beasiswa caranya cukup mudah kok, simak nih beberapa tips dari kutukutubuku.com untuk membantu kamu mendapatkan beasiswa ke Luar Negeri :

1. Usahakan nilai akademik selalu bagus semasa sekolah

Banyak yang bilang bahwa nilai itu hanya angka diatas kertas. Tapi, jangan salah kutukutubukuers, dengan nilai yang tertera diatas kertas tersebutlah para pemberi beasiswa bisa menilai kemampuan kita secara cepat. Bisa dibilang, nilai bagus itu syarat awal lolos seleksi beasiswa. Seandainya nilai tidak memenuhi syarat, jangan heran kalau lamaran beasiswa kamu nantinya tidak dilirik pemberi beasiswa. Dan usahakan untuk selalu memiliki nilai akademik yang bagus semasa sekolah. So, buat kamu yang masih duduk di bangku SMA, proses memperbaiki dan meningkatkan nilai akademik harus sudah di mulai dari sekarang. Gimana caranya? Mungkin buku-buku Penunjang Pelajaran di web kami bisa membantu kamu untuk meraih prestasi dibidang akademikmu atau kamu juga bisa langsung cek buku-buku khusus SMA  juga. Dan kalau mau yang lebih lengkap kamu bisa cek di katgeori  Buku Pelajaran.

Selain itu, jangan segan untuk mengikuti lomba-lomba sains atau olimpiade sains selama di sekolah sesuai dengan minat kamu. Sebab hal itu bisa jadi nilai tambah saat nantinya kamu mengajukan beasiswa. Percaya deh! Kutukutubukuers pasti pernah denger berita-berita “Pemenang lomba sains diterima di Universitas “X” tanpa seleksi?” Wuiiih enak banget kan, masuk tanpa diseleksi :D Berminat untuk ikut Olimpiade? Kututubuku.com juga menyediakan buku-buku yang berkaitan dengan Olimpiade atau lomba-lomba sains loh. Cek aja di sini!

2. Aktiflah berorganisasi

Pintar dibidang akademik aja belum cukup loh kutukutubukuers. Kamu juga butuh yang namanya soft skill. Soft skill itu sendiri beragam bentuknya, bisa berupa kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama dalam tim, kedisiplinan, kepercayaan diri, dsb. Kemampuan-kemampuan tersebut tidak datang dengan sendirinya, melainkan perlu dilatih. Nah, salah satu cara melatihnya yakni dengan berorganisasi. Organisasi tidak selalu harus di dalam sekolah seperti mengikuti OSIS kok,  tapi kamu juga bisa ikut berpartisipasi menjadi volunteer pada acara-acara tertentu. Selain menambah pengalaman, keuntungan dari berorganisasi adalah kamu bisa menambah teman juga loh. Dan  tentunya, hal ini otomatis akan menjadi nilai tambah bagi kamu saat melamar beasiswa nantinya.

3. Jangan malas mencari informasi

Beasiswa itu bukan sedekah yang bisa “diminta”, tapi harus dicari dan diusahakan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya kutukutubukuers. Toh dengan teknologi yang sudah maju seperti sekarang ini, informasi menjadi lebih mudah didapat. Kamu bisa buka laman website universitas-universitas yang menjadi pilihan kamu, membaca artikel-artikel di internet, meminta saran kepada yang sudah lebih dulu mendapat beasiswa (re: senior), dan lain-lain. Dengan banyaknya informasi yang kamu dapat (misal: kekurangan dan kelebihan kampus yang akan dituju, lingkungan tempat tinggal selama masa studi, tranportasi dan akomodasi, dsb), tentu kamu akan mendapatkan referensi yang lebih baik sebelum menentukan pilihan. Dan pastinya kamu juga bisa cari referensi buku-buku yang membahas tentang beasiswa ke Luar Negeri di kutukutubuku.com ;)

si juki

*Sumber gambar: twitter @jukihoki

4. Bahasa asing tak kalah penting

Kemampuan akademis dan non-akademis yang bagus aja masih belum cukup nih kutukutubukuers. Kamu juga harus menguasai Bahasa Asing (pastilah… kan mau belajar dan tinggal di negeri orang, jadi yah harus bisa :p). Masing-masing beasiswa punya persyaratan tes Bahasa sendiri, tapi yang paling umum digunakan adalah TOEFL dan IELTS.  Apa beda TOEFL sama IELTS cari sendiri yaa. Umumnya, skor minimal yang harus dicapai untuk tes TOEFL diatas 550 dan nilai IELTS diatas 6,5. Jadi buat kamu yang masih kurang mumpuni dalam Bahasa Asing, ya wajib belajar lagi. Nah, kutukutubuku.com juga punya loh beberapa buku untuk persiapan kamu tes TOEFL dan IELTS, atau kamu bisa cek di kategori Bahasa & Kamus.

5. Buat Curiculum Vitae yang kreatif dan informatif

Hal terpenting lainnya adalah menyiapkan CV atau Curiculum Vitae yang menarik dari segi tampilan dan juga isinya. Universitas-universitas yang kamu tuju tentu akan tertarik dengan pelajar yang mempunyai banyak prestasi dan pengalaman yang tertulis di CV-nya dibandingkan dengan pelajar yang CV-nya minim prestasi dan pengalaman. Kalau CV diibaratkan sebuah rumah nih kutukutubukuers, prestasi dan pengalaman kamu itulah yang menjadi hiasan-hiasan serta ornamen-ornamen di dalamnya, siapa coba yang tidak ingin rumahnya keliatan cantik? Sekali lagi kami ingatkan, membuat CV yang kreatif dan informatif juga bisa kamu pelajari dari buku-buku pengalaman orang lain yang sudah berhasil mendapatkan beasiswa loh!

6. Menulis Motivation Letter yang “menjual”

Motivation Letter adalah pernyataan tertulis tentang alasan mengapa kamu berhak mendapatkan sebuah beasiswa. Dalam motivation letter tersebut, kamu sebaiknya menjelaskan mengapa kamu tertarik terhadap program studi atau jurusan yang akan kamu ambil. Berikan sedikit kilasan pengalaman dan pencapaian kamu yang sesuai dengan jurusan yang akan kamu ambil nantinya. Dengan kata lain, buat pemberi beasiswa merasa yakin bahwa kamu layak menerima dana beasiswa dari mereka. Oleh karenanya, terus gali potensi diri dan perluaslah wawasanmu dengan banyak membaca.

7. Berlatihlah untuk menghadapi tes wawancara

Tahap wawancara bisa dibilang salah satu tahap terpenting dalam penentuan beasiswa. Saat menghadapi wawancara, kamu harus tetap tenang, meyakinkan, dan menunjukkan kemampuan terbaik tanpa terkesan sombong karena yang mewawancaraimu bisa saja professor yang jurusannya akan kamu ambil. Selalu bekali dirimu dengan pengetahuan soal bidang studi yang kamu pilih. Sebagai persiapan, 2 hari sebelum wawancara, berlatihlah di depan cermin dan berbicara dengan bahasa Inggris (atau bahasa lain yang digunakan dalam wawancara). Selain melatih untuk percaya diri, cara ini juga akan membuat lidahmu terbiasa sehingga kamu siap dengan kosakata yang pas pada saat wawancara.

8. Jangan menyerah dan terus berdoa

Usaha saja tanpa berdoa, bisa berakibat sombong. Doa saja tanpa berusaha, hanya omong kosong. Jangan berputus asa seandainya belum ada satupun beasiswa yang diterima. Jangan berkecil hati dan berfikir kalau kamu tidak memenuhi kualifikasi. Tidak sedikit kok yang harus mencoba berulang kali sampai akhirnya lolos seleksi. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan orangtua perihal beasiswa tersebut. Intinya, jangan cepat menyerah dan jangan takut gagal kutukutubukuers, bukankah dari kegagalan kamu jadi bisa mengambil pelajaran? Hehehehe ;)

Failed-in-CA-CMA-CS-Exams-this-is-my-advice-for-you

Yuhuuuu, itu dia beberapa tips yang akan mempermudah kamu dalam mendapatkan beasiswa ke Luar Negeri dari kutukutubuku.com :) Ingat yah, rajin-rajinlah mencari informasi, perbaiki kualitas diri, jangan pantang menyerah, dan tetap berdoa dalam setiap usaha!

Semangat Kutukutubukuers :* !

#WorldBookDay 2015 – How To Read One Book A Day

“Buku adalah jendela ilmu.”

Mungkin pepatah itu sudah sering kamu dengar mulai dari duduk di bangku Sekolah Dasar sampai sekarang, dan pepatah itu tetap bergema sampai sekarang. Ya, pepatah sepanjang masa. Tapi, pernahkah kamu memikirkan seberapa sering kamu membaca buku? Sudah berapa buku yang kamu baca dan selesaikan dalam beberapa bulan ini? Kalau belum ada buku yang kamu baca sama sekali, mungkin kamu bisa coba beberapa tips dari kutukutubuku.com agar kamu terbiasa untuk membaca buku:

  1. Pasang niat!

Segala sesuatu berawal dari niat. Jika kamu memang berniat membaca buku maka akan timbul keinginan untuk membaca. Niat sendiri tidak akan berarti bila tidak segera diikuti dengan tindakan yaitu segera membaca. Tapi, pernahkan kamu merasa tidak bergairah saat mulai membaca suatu buku padahal niat sudah kuat? Nah, hal itu bisa kamu siasati dengan memilih buku atau bacaan ringan untuk dibaca. Misalnya, kumpulan puisi atau kumpulan cerpen.

  1. Pilih buku yang menarik!

Buku yang membosankan hanya akan membuat kamu malas untuk melanjutkan bacaan kamu. Sedangkan buku yang menarik, akan membuat bersemangat untuk membalik setiap halamannya. Nah! Dalam memilih buku untuk dibaca, pilihlah berdasarkan minat dan ketertarikan kamu terhadap suatu tema/genre tertentu. Misalkan, kamu tertarik pada tema puisi, maka kamu pilih buku buku yang bertemakan sastra contohnya buku-buku karya Paulo Coelho. Dan kalau kamu suka travelling, maka baca buku-buku travelling karya Trinity “Traveller”. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba membaca tema/genre buku yang sebelumnya belum pernah kamu baca. Selain dapat menghilangkan kebosanan pada buku-buku yang sudah sering kamu baca, kamu juga dapat menambah wawasan kamu bukan?

KATA-BIJAK-BUKUSelain itu, kamu juga bisa memilih buku berdasarkan budget kamu, banyak kok buku yang harganya tidak mahal namun bagus. Alokasikan dana secukupnya setiap bulan untuk membeli buku-buku yang kamu sukai. Dan pastikan kamu selalu melirik dan mengunjungi kutukutubuku.com untuk tahu promo yang sedang berlangsung. Sehingga kamu tidak ketinggalan event atau promo dengan harga khusus atau diskon tertentu.

  1. Buatlah target!

Kok baca buku aja pake target? Ya mungkin ini agak berlebihan. Tapi pernahkah kamu mengalami ‘mandek baca’ di mana ketika kamu sedang membaca suatu buku, tapi di pertengahan tidak lagi kamu lanjutkan karena perkerjaan lain yang menyibukkan dan menyita perhatian? Sangat tidak mengenakkan bukan jika kamu akan melanjutkan membaca namun sudah lupa cerita sebelumnya di buku itu, atau malah lupa sudah sampai mana buku tersebut dibaca :D Oleh sebab itu, target untuk membaca perlu di tentukan sebelum mulai membaca.

Katakanlah buku yang akan kamu baca tebalnya 240 halaman, lalu bagaimana menamatkannya dalam sehari? Dalam sehari, sesibuk-sibuknya kamu, kamu pasti punya waktu senggang bukan? Umpamanya kamu punya waktu senggang antara jam 12 - 1 siang dan jam 6 sore - 9 malam, jadi total waktu senggangmu ada 4 jam. Nah, kamu bagi total halamannya ke waktu senggang yang kamu punya 240/4 = 60 halaman, jadi dalam satu jam waktu senggang yang kamu punya, sebisa mungkin kamu harus membaca sebanyak 120 halaman, tapi jangan lupa juga untuk minum dan makan yaa, ingat ini bukan ujian :P …. Toh, kembali lagi ke point nomor dua, seandainya buku yang kamu baca menarik, tentu kamu tak sabar deh untuk segera menamatkannya.

  1.  Bacalah ditempat yang nyaman dan tenang

Gangguan sekecil apa pun pada saat membaca tentu membuat kamu sulit untuk konsentrasi membaca, dan salah-salah malah hilang mood untuk membaca. Karena itu, pemilihan tempat untuk membaca juga perlu diperhatikan. Membaca tidak melulu harus di perpustakaan untuk mendapatkan ketenangan, kamu bisa coba membaca sambil nongkrong di café ditemani dengan makanan dan minuman favorit. Duduk di pekarangan rumah sore hari sambil minum teh atau kopi. Atau kondisi-kondisi lain yang bisa membuat kamu nyaman dalam membaca.

  1. Tak perlu update di socmed ”saat mulai membaca”

Kebiasaan orang sekarang apa-apa yang dikerjakan harus diupdate di socmed, dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi tak luput semua terupdate di socmed :D Kenapa tak perlu diupdate di socmed ketika kamu sedang membaca? Begini alasannya, ketika kamu update/posting di socmed saat  kamu mulai membaca, kamu akan teralihkan dari kegiatan membaca seandainya ada likes, comment, love, dan sejenisnya pada postingan kamu itu. Akhirnya… bukannya khusyuk membaca buku, malah asyik membalas komen yang ada :P Ingat kata pepatah, “membaca tanpa merenungkan, ibarat makan tanpa mencerna”

Dan kembali lagi ke poin pertama, semua tergantung niatnya. Kegiatan update di socmed juga tidak sepenuhnya salah dan ada sisi bagusnya loh. Kamu bisa ikut merekomendasikan buku-buku yang sudah kamu baca, tentunya setelah benar benar dibaca ;) Kamu juga bisa ikut andil menulis review atau resensi, memberikan kritik, serta saran atas buku yang sudah kamu baca. Dengan begitu, teman-teman kamu di socmed pun akan melihat dan mungkin akan tertarik juga untuk membaca buku.

Ohya, kutukutubuku.com juga menghargai setiap resensi atau review buku yang kamu buat lho. Jadi, kalau kamu memang sudah selesai menamatkan suatu buku, dan berniat membuat review atau resensinya di halaman blog kamu atau notes facebook, pastikan kamu melampirkan link buku yang telah kamu baca juga (link bukunya harus link dari web kutukutubuku.com ya!) serta melaporkannya kepada tim kutukutubuku.com baik via socmed kami ataupun via email, maka kamu berhak mendapat sebuah BUKU GRATIS!

  1. Jadikan kebiasan

Tips ini bisa dibilang yang terpenting. Apapun kalau sudah terbiasa pasti akan dijalani. Begitu juga halnya dengan membaca. Kalau kamu sudah terbiasa untuk membaca setiap hari, entah itu buku, koran, majalah, artikel, ataupun berita di internet, maka kamu akan merasa ada sesuatu yang kurang jika tidak melakukannya dalam sehari. Nah, jadi biasakan untuk membaca, kalau satu buku satu hari masih dirasa cukup sulit dilakukan, cobalah untuk menyelesaikan satu buku dalam satu minggu, atau satu buku dalam satu bulan. Semua kembali lagi kepada kemampuan dan kemauan kutukutubukuers sih ;)

Nah, itu tadi beberapa tips dari kutukutubuku.com tentang bagaimana cara untuk dapat membaca satu buku dalam satu hari, semoga bermanfaat yaaa kutukutubukuers. Jangan lupa untuk ikut berpartisipasi dalam merayakan HARI BUKU SEDUNIA pada tanggal 23 April 2015.

Caranya? Ikutan #SelfieBuku yuk ^^

Banner_selfiebook800

Gampang kok, kamu cuma harus upload foto selfie kamu bersama buku favoritmu ke lini masa kutukutubuku.com. Boleh ke instagram (@kutukutubukuers), boleh ke twitter (@kutukutubuku), boleh juga ke facebook (Kutukutubuku.com). Sertakan tagar #WorldBookDay dan #SelfieBuku yah!

Akan ada 24 buku gratis yang dibagikan selama 24 jam, pengumuman pemenangnya pada tanggal 24 April 2015 ;)

Buruan ambil HP-mu, angkat bukumu, “CHEERS”! and….. upload #SelfieBuku-mu di HARI BUKU SEDUNIA!!!!