MARHABAN YAA RAMADHAN

Untitled

Hallo Kutukutubukuers.. Wah, tidak terasa ya sebentar lagi sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan yang paling dinantikan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Bulan di mana ditutupnya pintu-pintu neraka dan dibukanya pintu surga. Dan bulan di mana segala amal ibadah kita dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Nah, agar kita bisa menjalani dan melewati bulan Ramadhan dengan sukses, kita harus melakukan berbagai persiapan nih Kutukutubukuers. Tak hanya persiapan fisik, mental, dan niat yang kuat, tapi ada banyak lagi hal-hal yang mungkin kita anggap sepele, tetapi itu perlu untuk kita persiapkan sejak sekarang. Lalu, apa saja sih yang harus kita persiapkan? Berikut ulasannya.

Persiapkan Iman

Mulailah mempersiapkan iman kalian, seperti memperbanyak ibadah, memperbanyak membaca Al-Quran, melakukan puasa sunnah, dan khususnya mengendalikan diri untuk tidak melakukan maksiat, menjaga perkataan dan perbuatan, mengontrol emosi dan meningkatkan kesabaran sejak sekarang. Agar pada saat bulan ramadhan dan seterusnya nanti, kita sudah terbiasa untuk melakukan hal-hal baik dan mengurangi atau bahkan meninggalkan hal-hal yang buruk.

Persiapkan Fisik

Kalian malas berolahraga? Yuk, mulai rajin berolahraga dari sekarang! Hal ini bertujuan agar kondisi fisik kita tidak lemah dan lemas pada saat puasa nanti. Saat Ramadhan, kita membutuhkan fisik yang lebih prima daripada bulan-bulan lainnya. Karena, seorang muslim tidak akan maksimal dalam berpuasa jika fisiknya lemah. Maka, sebelum Ramadhan, biasakanlah untuk hidup sehat dengan mengatur pola makan, istirahat yang cukup, olahraga yang teratur, dan menyiapkan vitamin khusus agar kamu bisa tetap fit dan tidak lemas selama berpuasa.

Persiapkan Harta

Bulan Ramadhan biasanya orang-orang menghabiskan uang lebih banyak dibanding bulan-bulan lainnya. Selain menyiapkan uang kalian untuk belanja keperluan-keperluan selama Ramadhan, jangan lupa juga untuk berbagi rezeki kalian dengan mereka yang membutuhkan dan memiliki hak atas sebagian rezeki kita, seperti bershodaqoh, membayar zakat fitrah dan zakat penghasilan kalian ya. Nah, selain untuk keperluan di atas, tidak ada salahnya juga nih Kutukutubukuers untuk mempersiapkan dana khusus untuk agenda berbuka puasa bersama keluarga, teman kantor, teman sekolah, dan sahabat-sahabat kalian lainnya.

Persiapkan Target

Tidak ada salahnya untuk membuat daftar target kegiatan ibadah kalian loh Kutukutubukuers. Misalnya, selama bulan Ramadhan ini saya harus khatam membaca Al-Quran, atau Ramadhan nanti mau mengadakan berbuka puasa dan mengadakan santunan anak yatim piatu, kaum dhuafa, dan lain-lain. Hal ini bisa membuat kalian lebih bersemangat untuk melakukan ibadah di bulan Ramadhan nanti. Ohya, catatan untuk kalian yang ingin berbagi Quran bersama Kutukutubuku.com kalian bisa ikut menjadi donatur dalam  #ShareQuran yah :)

Persiapkan Buku-Buku Resep Masakan

Nah, ini biasanya yang bikin bingung ketika menyiapkan makanan untuk berbuka puasa dan sahur. Pasti kalian ingin memberikan dan menyiapkan makanan yang enak dan terbaik kan untuk diri sendiri dan keluarga? Pastikan kalian sudah membeli buku-buku yang memuat berbagai resep makanan dan kue kering dari sekarang, agar kalian tidak repot nantinya. Atau kalian juga bisa membuat daftar menu buka puasa dan sahur selama sebulan kayaknya seru tuh! Hitung-hitung untuk menghindari kebiasaan boros karena membeli makanan untuk buka puasa dan sahur di luar. Dan hal ini tentunya bisa membuat anggota keluarga kalian penasaran dengan menu berbuka selanjutnya dan membuat mereka lebih semangat untuk menjalankan puasa keesokan harinya. Eits, tidak perlu bingung dan repot pergi ke toko buku untuk membeli buku resep masakannya. Kalian bisa beli bukunya langsung di sini http://kutukutubuku.com/look/book/category/512 DISKON 15% loh! Kalian bisa order bukunya via BBM jdi 545B8F4E atau email di admin@kutukutubuku.com

Itulah beberapa hal-hal yang harus dipersiapkan dalam menyambut bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan lebih maksimal dalam mempersiapkan segalanya. Selamat menjelang bulan Ramadhan Kutukutubukuers, semoga Allah memberikan kita umur yang panjang untuk bisa menikmati bulan Ramadhan tahun ini dengan penuh berkah.. Aamiin :)

5 Pantai Terindah di Indonesia

Halo Kutukutubukuers.. Sebagai warga negara Indonesia, banyak banget loh hal-hal yang bisa bikin kita bangga jadi orang Indonesia. Salah satunya di bidang pariwisata, mulai dari laut, pegunungan, alam dan budaya yang sangat beraneka ragam. Tetapi terkadang masyarakat Indonesia justru lebih memilih untuk berwisata ke luar negeri dibandingkan di negara sendiri. Padahal untuk menikmati keindahan alam itu kita tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri ! Indonesia terkenal akan keindahan pantainya, ada banyak pantai-pantai yang tidak kalah keren dan menariknya loh dengan pantai-pantai yang ada di luar negeri, masing-masing pantai memiliki pesona, keistimewaan, dan daya tarik tersendiri nih Kutukutubukuers.. Berikut ini beberapa pantai terindah yang bisa kalian kunjungi di Indonesia :

Raja Ampat Papua

IMG_5625-PAPUA-BARAT-RAJA-AMPAT-WAYAG-SETIADI-DARMAWAN-20102014Raja-Ampat1tourisme_asia_indonesia_raja_ampat_2

Raja Ampat , sebuah pemandangan yang teramat sangat cantik di sudut Timur Indonesia. Berbagai jenis terumbu karang yang “mungkin tidak ada di luar negeri” ada di sini. Air laut yang jernih, dengan pulau2 kecil yang berbaris rapih seperti mengambang. Surga dunia yang diminati orang diseluruh penjuru dunia. Eksotisme alam Papua selalu mengandung daya hipnotis yang kuat bagi traveler manapun. Kondisi Papua yang berupa kepulauan, menghadirkan pesona alam tersendiri. Salah satunya, destinasi spektakuler, Pantai Raja Ampat. Secara geografis, wisata alam ini berada di Kabupaten Manokwari Papua Barat. Posisinya berada di belahan barat kepala burung Pulau Papua.

Raja Ampat sangat cocok untuk para pecinta wisata bahari maupun penyelam. Khusus bagi para penyelam, keindahan bawah laut perairan di Raja Ampat, adalah daya tarik utama mereka. Pantai Raja Ampat memilki empat pulau yang berukuran besar. Keempatnya, seperti Pulau Batanta, Pulau Waigeo, Pulau Salawti, dan Pulau Misool. Di kawasan kepulauan ini, tak hanya keindahan pantai Raja Ampat saja. Raja Ampat juga menyimpan mutiara berharga yang langka keberadaannya. Apa itu? Spesies ikan pari manta, hiu abu-abu, kuda laut, penyu, ikan duyung, ikan barkuda, ikan tuna, dan lain-lain.

Pantai Nembrala

Beach-1 6822386822_031e0f02b3_b

Kamu hobi surfing? Tempat ini cocok untuk kamu, Pantai Nembrala. Pantai Nembrala terletak di pulau Rote, sebuah pulau yang terletak di ujung selatan wilayah negara Indonesia. Pulau Rote masuk dalam wilayah pemerintahan provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pantai Nembrala juga disebut-sebut sebagai Kuta-nya Pulau Rote dengan hamparan pasir pantainya yang berwarna putih bersih. Air lautnya pun berwarna biru dan memberi nuansa segar. Sedangkan banyaknya pepohonan yang tumbuh di pinggir pantainya semakin membuat kawasan ini terasa sejuk. Bagi para pemburu ombak dari seluruh dunia yang datang ke Indonesia, Pantai Nembrala telah menjadi salah satu magnet yang mampu menarik mereka untuk menantang ombak yang merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Pantai Nembrala memiliki ombak berskala internasional sehingga tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang mengunjunginya. Suasana Pantai Nembrala masih jauh dari keramaian sehingga kebanyakan dari pengunjung lebih gemar bermain dengan tingginya ombak di pantai ini.

Untuk mencapai pulau ini Anda perlu melakukan penerbangan dari Bali menuju kota Kupang (Bandar Udara El Tari). Sesampainya di Kupang, kamu bisa menginap terlebih dahulu di kota ini atau langsung menuju pulau Rote. Perjalanan dapat dilanjutkan dengan mobil menuju Pelabuhan Tenau sekitar 30 menit. Penyebrangan melalui Pelabuhan Tenau ke Pulau Rote dengan menumpang kapal Ferry menuju Pantai Baru (Pelabuhan di Pulau Rote) dimana perjalanan dilakukan sekitar 3-4 jam atau dengan menggunakan kapal cepat menuju Kota Ba’a sekitar 40-60 menit. Setelah Anda menginjak kaki di Kecamatan Ba’a, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan roda empat sekitar 1,5 jam. Meskipun harus menempuh jarak yang cukup jauh dan biaya yang tidak sedikit, namun semuanya akan terbayar lunas dengan keindahan panorama yang di sana. Dan pantai Nembrala ini layak diacungi jempol oleh para pengunjungnya termasuk kalian Kutukutubukuers.

Pantai Pink (Lombok)

p.txt tempatwisataid

Selain Pulau Bali, ikon pariwisata di Indonesia yang namanya mulai dikenal para wisatawan dalam dan luar negeri adalah Pulau Lombok. Beragam wisata budaya dan wisata alam terdapat di Pulau ini. Salah satu wisata alam yang terkenal hingga ke pelosok dunia adalah Pantai Pink atau Pink Beach. Pantai Pink terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur, kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir pantai berwarna pink.

Untuk mencapai Pantai Pink, kalian akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Mataram, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Hal tersebut dikarenakan rute yang ditempuh adalah jalanan yang rusak dan berlubang. Beruntungnya, tidak banyak yang mengetahui keberadaan pantai cantik ini. Letak Pantai Pink juga cukup tersembunyi dan jauh dari pusat kota, sehingga pantai ini tetap terjaga keindahannya. Pantai ini biasanya hanya digunakan sebagai tempat transit nelayan-nelayan yang berasal dari Desa Tanjung Luar.

Pantai ini sebenarnya bernama Pantai Tangsi. Kata Tangsi berarti “asrama” atau “barak”. Banyak yang menyebutkan bahwa bahwa pantai ini dulunya pernah digunakan sebagai barak atau markas tentara Jepang ketika mendarat di Lombok pada tahun 1942. Hal tersebut diperkuat dengan ditemukannya goa buatan dan juga sebuah meriam peninggalan Jepang tidak jauh dari pantai. Selain untuk persembunyian, goa tersebut menjadi tempat untuk mengintai musuh (sekutu) karena letaknya yang strategis dan persis menghadap pantai.

Sama seperti kutukutubukuers, banyak yang penasaran mengapa warna pasir di pantai ini berwarna pink. Salah satu penjelasan mengemukakan bahwa warna pink tersebut terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Pendapat lain menyebutkan warna pink pada pasir Pantai Pink terjadi karena adanya hewan mikroskopik bernama foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada terumbu karang.

Selain kekhasan warna pasirnya, kekayaan bawah laut pantai ini sangat menawan. Tidak perlu menyelam sampai di kedalaman tertentu, kalian hanya perlu snorkeling dan keindahan berbagai biota laut di pantai ini akan terlihat jelas. Untuk snorkeling kalian harus membawa perlengkapan sendiri, karena tidak ada yang menyewakan peralatan di pantai ini. Selain menikmati keindahan biota laut dan menjelajahi goa bersejarah, kalian juga dapat menyewa perahu nelayan untuk mengelilingi gugusan pulau-pulau kecil yang berjarak hanya 2 km dari tepi pantai dan tidak jauh dari sekitaran pantai.

Pantai Klayar Pacitan

MG_9295 k_28_121142_klayar

Pantai klayar menyimpan sejumlah keindahan alam yang mengagumkan. Anda dapat menemukan pesona dan keunikannya pada hamparan pasir yang putih, adanya karang raksasa laksana Sphinx, air mancur alami yang menyembur hingga setingi 10 meter, serta bebatuan karang dengan bentuk yang unik dan suguhan seruling samudera. Secara administratif pantai klayar terletak di kecamatan Donorejo. Tepatnya di Desa Klatak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dari pusat kota pacitan pantai klayar dapat di tempuh dengan jarah perjalanan sejauh 40 km pada arah barat pacitan, dan menghabiskan waktu perjalan selama 1 jam.

Setiba di pantai klayar anda dapat dua karang setinggi pohon kelapa di sisi timur pantai. Karang inilah yang menjadi icon pantai klayar. Pada bagian belakang karang tersebut terdapat karang lain yang menahan terjangan ombak laut selatan. Satu hal yang menarik, diantara karang-karang tersebut ada sebuah karang raksasa yang dapat dikatakan mirip dengan tempat wisata Tanah Lot di Bali.

Di pantai klayar anda dapat menjumpai sebuah hal yang unik, yakni seruling samudera. Seruling samudera ini adalah sebutan untuk fenomena dimana terdapat cekungan yang ada pada bagian bawah tebing yang ada di pantai. Saat cekungan ini diterjang ombak laut maka air laut akan keluar menyembur kepermukaan melalui sela-sela bebatuan dan menghasilkan bunyi yang indah laksana bunyi seruling. Sebuah hal yang unik lainya adalah anda dapat menjumpai batu karang yang menyerupai bentuk Spinx sebagaimana yang ada di mesir. Keunikan ini terbentuk akibat banyaknya tebing-tebing tinggi dikawasan pantai klayar yang jika dilihat dari kejauhan menyuguhkan pemandangan laksana patung spinx.

Pantai klayar memiliki banyak tebing yang mengelilingi pantai. Satu hal yang patut di ingat anda tidak di perbolehkan berenang di pantai ini mengingat ombak yang tergolong besar. Dikala senja tiba, sunset di pantai klayar adalah salah satu yang menawan. Sejauh mata memandang horizon. Anda akan mendapati suguhan panorama pantai yang indah dengan suasana alami yang begitu kental.

Pesona pantai klayar yang menawan ini adalah salah satu tujuan yang layak anda masukan dalam rencana traveler anda. Tapi perlu diketahui bahwa akses menuju pantai ini terbilang tidak mudah. Jika anda ingin mengunjungi pantai klayar pacitan, anda akan menjumpai jalanan yang belum teraspal secara utuh serta berapa bagian yang rusak. Selain itu anda juga harus melewati jalan yang berkelok-kelok dan naik turun, sebuah hal yang menuntut anda berhati-hati dalam berkendara. Tetapi setiba di pantai anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang indah.

Pantai Indrayanti

1183_Sebelum_bernama__Pantai_Indrayanti,_dahulu_pantai_ini_bernama_Pantai_Pulang_Syawal_(2) Pantai-Indrayanti-Yogyakarta

Awalnya, pantai ini dikenal dengan Pantai Indrayanti. Penyebutan nama Pantai Indrayanti sebelumnya menuai banyak kontraversi. Indrayanti bukanlah nama pantai, melainkan nama pemilik cafe dan restoran. Berhubung nama Indrayanti yang terpampang di papan nama cafe dan restoran pantai, akhirnya masyarakat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti tepatnya berada di desa Tepus, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Indrayanti ini menarik, karena terdiri dari hamparan pasir putih serta batuan karang. Di mana terbentuknya melalui proses sampai ribuan tahun. Oleh karena itu, tidak rugi apabila menjadikan Indrayanti sebagai pilihan destinasi anda saat liburan kali ini. Suasana serba modern di sekitar pantai, mungkin membuat Anda merasa sedang di Bali.

Merayakan #MothersDay dengan Selfie #SUPERMOMandKID

Lho, kok MothersDay? Hari Ibu?Yup, di Indonesia Hari Ibu memang dirayakan  pada tanggal 22 Desember 2015. Tapi gapapa dong kalau kita ikut menyemarakkan Hari Ibu yang jatuh di hari Senin di Minggu kedua bulan Mei ini, tepatnya pada tanggal 11 Mei 2015. Tahu enggak kutukutubukuers, siapa saja  yang merayakan Hari Ibu di tanggal 11 Mei ini? Ada banyak loh! Menurut wikipedia, Ada lebih dari 80 negara merayakan hari Ibu pada tanggal 11 Mei 2015.

Tahu enggak negara mana aja? Yang kutukutubukuers tahu pastinya United States yah? Hmmm… padahal negara-negara tetangga yang paling dekat dengan kita seperti Singapore, Malaysia, Philiphines, dan masih banyak lainnya juga merayakan Hari Ibu pada tanggal 11 Mei 2015 loh ;) So, enggak ada salahnya kalau kutukutubuku.com mau ikutan menyemarakkan Hari Ibu ini. Kamu juga pasti mau ikutan deh kutukutubukuers.

Kenapa?
Karena kutukutubuku.com mengadakan kontes foto dengan tema “ber-selfie-selfie ria” nih. Jangan dianggap serius yah kata “kontes foto” nya, enggak ada juri profesional buat menilai foto kamu baik atau tidak kok dan enggak harus dijepret dengan kamera saku atau kamera SLR segala hahaha, kita cuma mau seru-seruan aja kok.

Siapa aja yang boleh ikutan kontes foto ini?
Geng Ibu/Bunda/Mama/Mommy kekinian yang pastinya suka selfie dongsss!

Kalau kamu anaknya, boleh enggak kamu foto sama Ibu/Bunda/Mama/Mommy kamu?
Boleh banget kok ^^

Syarat Utama :

  1. Follow twitter @kutukutubuku dan @redaksiFMedia
  2. Follow instagram @kutukutubukuers dan @PenerbitFMedia
  3. Like fan page Kutukutubuku.com dan FMedia
Tuh… mudah kan, syaratnya?!
Kami tunggu foto selfie #SUPERMOMandKID-mu pada tanggal 11 Mei 2015 kutukutubukuers.Ohya, ada peraturannya nih  :

  1. Hanya cukup posting satu foto sekali saja yah kutukutubukuers, fotonya harus yang se-spektakuler mungkin
  2. Foto diposting ke salah satu akun social media (kutukutubuku.com dan Penerbit FMedia), baik via twitter, instagram atau facebook
  3. Mention atau tag sesuai akun yang kami (kutukutubuku.com dan Penerbit FMedia) punya di social media tersebut
  4. Sertakan tagar #SUPERMOMandKID serta #MothersDay juga yah di postinganmu
  5. Pemenang dipilih berdasarkan postingan foto yang mendapatkan banyak RT/Favorite/Like paling banyak
  6. Akan ada 3 orang pemenang yang akan diumumkan keesokan harinya atau tanggal 12 Mei 2015 dan menadapatkan buku #SuperbookForSupermom dari Penerbit FMedia

Have fun and good luck ^^!